Hasil gambar untuk Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kecantikan

Coba rebus sejari rimpang temulawak dengan empat gelas air hingga setengahnya. Herbal ini juga diketahui berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit asma. Ramuan yang bisa dibuat adalah dengan merebus dua rimpang temulawak dan gula aren dalam 5 gelas air. Manfaat temulawak untuk kesehatan juga dari kandungan minyak atsiri dalam temulawak.

Mencegah serta membantu pengobatan kanker

Jenis tanaman herbal yang menyerupai kunyit ini juga memiliki berbagai kandungan antibakteri dan antijamur. Dengan demikian, tanaman ini dipercaya ampuh untuk melawan bakteri dan jamur seperti salmonella dan jamur golongan dermatofita. 

Kesehatan

Secara umum, zat diuretik ini bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengobat masalah kesehatan seperti; gagal jantung, masalah ginjal, dan pembengkakan edema. Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat temulawak, dosis penggunaan, efek samping dan hal penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan temulawak. Namun, hal yang perlu anda ingat yaitu tidak semuanya bahan alami aman digunakan.

Temulawak atau curcuma xanthorrhiza/java turmeric merupakan salah satu tanaman herbal yang juga satu famili dengan jahe. Ini merupakan tanaman khas asal Indonesia yang kerap digunakan sebagai bahan dasar untuk jamu dan obat tradisional. Pada temulawak terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk senyawa anti radang. Dimana senyawa anti radang yang terkandung pada temulawak ini akan membuat produksi prostaglandin E2 yang dapat memicu terjadinya peradangan terhambat.

  • Selain diolah menjadi jamu untuk diminum, temulawak juga sering menjadi salah satu tambahan obat herbal untuk membuat obat-obatan penambah nafsu makan.
  • Khasiat temulawak yang pertama dan paling sering digunakan adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan.
  • Manfaat temulawak ini didukung dengan sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2001, yang menyatakan bahwa temulawak dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.
  • Ramuan yang bisa dibuat adalah dengan merebus dua rimpang temulawak dan gula aren dalam 5 gelas air.

Kantong empedu memiliki fungsi untuk menyimpan empedu yaitu kombinasi cairan, lemak, dan kolesterol. Agar vitamin dan nutrisi yang larut dalam lemak lebih mudah diserap ke dalam aliran darah, kantong empedu akan mengirimkan empedu ke usus halus.

Herbal ini juga ampuh sebagai pencahar(laxative), peluruh kencing (diuretik), dan untuk mencegah penyakit hati (hepatoprotektor). Saat ini banyak produk penambah nafsu makan yang berbahan dasar temulawak, itu karena kandungan atsiri di dalamnya yang bisa meningkatkan keinginan untuk makan. Temulawak disebut-sebut mengandung banyak zat yang dapat merangsang produksi cairan empedu, sehingga dapat memperburuk kondisi yang terjadi. Temulawak juga efektif untuk membantu mengatasi kelelahan otot, terutama bagi anda yang melakukan latihan serius saat fitness. Temulawak juga efektif dalam mengatasi penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, dan prostat.

Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak. Temulawak juga baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Bagi anda yang memiliki masalah empedu atau penyakit hati, sebaiknya tidak mengkonsumsi temulawak. Pasalnya, temulawak akan dapat membuat produksi empedu meningkat dan akan memperburuk masalah kesehatan anda.